Kemajuan Komputer Dari Generasi Ke Generasi

Komputer

Komputer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengelola data sesuai prosedur yang sudah dirumuskan. Biasanya komputer digunakan orang yang mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan perhitungan aritmetika.Tetapi dengan berkembangnya tehcnologi, komputer yang dulunya hanya digunakan untuk menghitung sekarang dapat digunakan untuk berbagai jenis pekerjaan.
Berbicara tentang komputer nih, sangat menarik loh kalau kita bahas karena komputer pada jaman dulu sangat jauh beda dengan jaman sekarang, setiap jaman pasti mempunyai kemajuan yang banyak. Yang kita ketahui bahwa komputer jaman dulu hanya untuk membantu manusia dalam menghitung yang berhubungan dengan metematika tetapi sekarang komputer didesign sedemikian rupa sehingga saat ini mempunyai fungsi yang banyak sehingga memudahkan manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya. (baca juga : Cara merakit Komputer PC, Lengkap dengan keterangannya)
Kemajuan Komputer Dari Generasi Ke Generasi

Beberapa Alat Yang Digunakan Manusia Untuk Menghitung Sebelum Ada Komputer

Nah, yang kita kenal alat yang digunakan untuk memudahkan manusia dalam menghitung adalah komputer, tetapi sebelum ada komputer ternyata ada beberapa alat yang dapat membantu manusia dalam berhitung loh,bentuknya unik tapi sayang alat-alat itu hanya dapat digunakan untuk menghitung saja. Ini adalah beberapa alat yang digunakan manusia untuk menghitung sebelum ada komputer.
  • Abacus.Alat ini disebut sebagai awal mula adanya mesin komputasi, alat ini ada sekitar lima ribu ( 5000) tahun yang lalu, alat ini ternyata masih digunakan sampai saat ini loh. Alat ini terbuat dari biji-bijian yang dapat digeser yang sudah diatur pada sebuah rak sehingga cara menggunakannya dalam menghitung dengan menggeser biji-bijiannya.
  • Numerical Wheel calculator atau bisa disebut Kalkulator roda numerik. Alat ini ditemukan oleh Blaise Pascal pada tahun 1642 atau sekitar ( 1623-1662) dan mulai memakai system mekanik. Alat ini mempunyai roda bergerigi sehingga dapat melakukan operasi penjumlahan. Dan Kalkulator roda numerik inilah yang menjadi inspirasi ilmuwan untuk lebih mengembangkan alat kalkulasi yang ber system mekanis.
  • Kalkulator Roda Numerik ke 2.  Alat ini sama seperti kalkulator roda numerik yang dulu, dia bekerja menggunakan roda-roda gerigi yang dimilikinya tapi alat ini sudah dapat digunakan untuk perkalian. 
  • Kalkulator Mekanik. Alat ini lebih praktis dari pada alat yang sudah ada karena dapat digunakan dalam penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
Dan beberapa alat itulah yang membantu manusia berhitung sebelum ada komputer, dan semakin berkembangnya teknologi alat itu pun dikembangkkan oleh ilmuwan menjadi alat yang lebih canggih yaitu yang dinamakan komputer.

Kemajuan Komputer Dari Generasi Pertama Sampai Saat Ini

Membahas tentang komputer, komputer juga mempunyai banyak proses loh dan mempunyai sejarah untuk mencapai komputer yang canggih seperti sekarang ini. Komputer ini berkembang dari generasi ke generasi dan setiap generasi mempunyai kemajuan yang pesat, Ini lah beberapa generasi dulu sampai ke generasi yang sekarang. (Komputer murah : Paket Komputer core i3 lengkap termurah )
  • Generasi Pertama generasi ini muncul sekitar tahun 1944-1959. Komputer ini beda dibandingkan komputer-komputer lain dia mempunyai ciri khas yaitu mempunyai tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, bahan baku tabung ini terbuat dari kaca sehingga mempunyai banyak kelemahan.Dan pada tahun 1946 terciptalah komputer pertama didunia dinamai Eniac. Eniac memiliki 18.800 tabung hampa udara yang berbobot 30 ton panjang 30 meter dan memerlukan daya listrik 174 kilowatts, Ukurannya sangat besar sehingga memerlukan tempat tersendiri untuk meletakkannya.
  • Generasi kedua muncul sekitar tahun 1960-1964. Komputer ini mempunyai ciri khas memiliki Transistor (transfer resistor),transistor itu sendiri terbuat dari basic, collector, dan emmiter. Dan Transistor itu sendiri mempunyai fungsi sebagai penguat sinyal. Transistor ini terdiri dari komponen padat sehingga tidak mudah pecah dan tidak menyalurkan panas ke komputer. Komputer ini bentuknya lebih kecil dan lebih murah. Dan terbentuklah Komputer IBM-7090 atau Komputer IBM serie 1400, NCR serie 304, Mark IV dan Honeywell Model 800 pada tahun 1960, dimana komputer ini juga memanfaatkan transistor. Komputer ini dapat menyelesaikan banyak pekerjaan yang mempunyai sifat ilmiah dan komersial. Dan sangat populer karena kecepatan dan kemampuan yang dimiliki komputer ini.
  • Generasi ke Tiga. Komputer Generasi ke tiga ini bentuknya semakin kecil dari generasi ke dua karena komponen-komponenya dapat dipadatkan dalam chip. Kecuali itu Komputer ini sudah memakai system operasi sehingga dapat menggerakkan banyak program yang tidak sama dengan cara bersamaan dengan program utama untuk memantau dan mengkoordinasi memori pada komputer. Seperti kita lihat pada generasi ke dua transistor ternyata menghasilkan panas yang bisa dikatakan cukup besar sehingga dapat berpotensi besar pada kerusakan internal komputer sehingga yang dapat menyingkirkan ini adalah Batu Kuarsa (quartz rock). Dan muncullah seorang insinyur dari Texas Instrument yang bernama Jack Kilby pada tahun 1958 meningkatkan sirkuit berintegrasi (IC : Integrated circuit). Yang dimana IC dapat menggabungkan tiga komponen elektronik dalam piringan silikon kecil yang dibuat dari pasir kuarsa pada semikonduktor (chip). Komputer generasi ke tiga ini sangat di dominasi oleh UNIX dan Windows, biasanya komputer ini digunakan pada kantor atau rumah. 
  • Generasi Ke Empat. Komputer pada generasi ke empat ini adalah komputer yang biasanya kita lihat dijaman sekarang dimana komputer yang sudah canggih dan mempunyai bentuk yang lebih efisien. Komputer ini menggunakan microprocessor yang kecil dan dapat bekerja dengan cepat, Contohnya seperti Intel i386 sampai intel pentium I,II,III,IV. core dual, core 2 duo, dan Core Quad. Itu terjadi karena adanya perkembangan teknologi informasi yang terus berkembang. (baca juga : Kumpulan tips dan trik service komputer lengkap)
  • Generasi Ke 5. Komputer ini mempunyai tahapan yang masih sangat muda jadi masih susah di definisikan. Contohnya yaitu komputer HAL9000 yang diambil dari novel karya Arthur C. Clarke yang berjudul 2001 space odyssey. Kecanggihan buatan artifical intelligence atau AI, HAL cukup memiliki kemampuan melakukan percakapan dengan manusia, menerima masukan visual, dan dapat belajar dari pengalamannya sendiri.
Nah itulah beberapa generasi komputer dari awal sampai saat ini. Begitu banyak kemajuan tekcnologi sehingga sekarang manusia dimudahkan dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kemajuan Komputer Dari Generasi Ke Generasi"

Post a Comment